Maksudnya apa?

Maksudnya: apakah bukan hanya anda yang hidup dalam diri anda? yang memakai tubuh dan otak anda? Apakah semacam ada jin yang hidup di tubuh dan otak kita?

Gak persis sama sih, tapi semacam itulah…

Ih seyyeemm…

Kasus Kejiwaan: Banyak Pribadi Dalam Satu Tubuh

Anda pernah baca buku “Sybil” atau “24 Wajah Billy”?

Kedua buku ini mengisahkan kisah nyata tentang Sybil yang mempunyai 16 pribadi beda dan Billy yang mempunyai 24 pribadi yang beda dalam diri mereka.

Kisah kedua orang ini merupakan sebuah fenomena luar biasa yang menggambarkan betapa kompleksnya jiwa dan otak manusia.

Sybil: Kisah nyata Sybil yang berkepribadian 16
Sybil: Kisah nyata Sybil yang berkepribadian 16

Tubuh mereka menampung pribadi-pribadi yang benar-benar terpisah satu sama lain. Mereka mempunyai perangai yang berbeda, kecerdasan yang berbeda, ingatan yang berbeda, bahkan jenis kelamin yang berbeda.

Pribadi-pribadi ini mendiami tubuh yang sama dan saling berebut untuk mengendalikan tubuh mereka yang hanya satu. Pada saat satu pribadi sedang mengendalikan tubuh mereka, pribadi –pribadi yang lain seolah-olah menghilang dan benar-benar tidak mengetahui apa yang sedang terjadi dengan tubuh mereka. Akibatnya mereka mempunyai pengalaman dan ingatan kehidupan yang benar-benar terpisah antara satu dengan yang lain.

Pada kasus Billy, ini menjadi masalah besar ketika salah satu pribadinya yang berwatak kriminal melakukan penculikan dan pemerkosaan atas 3 wanita. Kehebohan terjadi ketika Billy ditangkap dan disidang atas kejahatan tersebut.

Pribadi utama Billy benar-benar tidak mengetahui masalah ini, dan segala upaya untuk mengorek keterangan dari ia tidak membuahkan hasil, karena memang ia berkata jujur bahwa ia tidak terlibat atas kasus tersebut.

24 Wajah Billy: kisah nyata penderita 24 kepribadian
24 Wajah Billy: kisah nyata penderita 24 kepribadian

Atas bantuan ahli psikologi, diketahui bahwa Billy menderita Dissociative Identity Disorder, suatu kelainan dimana seseorang mempunyai kepribadian lebih dari satu dalam dirinya. Billy akhirnya dibebaskan atas alasan kegilaan.

 

Bagaimana Bisa Terjadi?

Otak kita merupakan mesin pemroses data yang sangat luar biasa. Otak kita adalah komputer super yang kita bawa kemana saja.

Dalam tulisan saya terdahuluOtak Super Milik Kita kita mengetahui bahwa selain pikiran sadar kita, otak kita juga memroses pikiran bawah sadar kita yang mempunyai kemampuan luar biasa jeniusnya.

Kalau anda akrab dengan teknologi komputer, tentu anda paham dengan istilah virtualisasi. Dengan virtualisasi, satu hardware (misalkan notebook kita) menjalankan beberapa operating system secara bersamaan. Misalkan secara bersamaan kita menjalankan Windows 7, Windows XP dan Linux Ubuntu.  Ketiga system ini mempunyai wilayah ruang harddisk, memory dan akses ke perangkat lainnya secara terpisah dan tak terpengaruh satu sama lainnya, walaupun berjalan di komputer yang satu. Hanya kapasitas prosesor, memory dan hard disk yang bisa membatasi samapai seberapa banyak system yang bisa dijalankan.

Virtualisasi komputer, 3 logikal komputer dalam satu fisik komputer
Virtualisasi komputer, 3 logikal komputer dalam satu fisik komputer

Jika otak kita adalah komputer super, tentu bukan masalah jika harus menjalankan sekaligus beberapa pribadi (seperti operating system dalam komputer) secara simultan dalam otak dan diri yang satu. Dibanding dengan otak kita, sebuah komputer adalah tidak berarti kompleksitasnya.

Mengapa Bisa Terjadi?

Dalam kasus-kasus psikologi di atas, terciptanya kepribadian ganda disebabkan oleh trauma berat psikologi, terutama yang terjadi pada masa kanak-kanak.

Ketidak-mampuan menghadapi masalah yang berat mengakibatkan seseorang menciptakan alternatif lain menjalani hidup. Daripada hidup dalam pribadi yang menanggung beban berat dan terjebak dalam jalan buntu, secara tak sadar seseorang mulai menciptakan kepribadian kedua, ketiga dan seterusnya dimana ia merasa akan dapat menjalani hidup ini dengan lebih baik.

Hulk dan Bruce Banner yang tercipta akibat kecelakaan di lab.
Hulk dan Bruce Banner yang tercipta akibat kecelakaan di lab.

Tanpa penanganan yang serius, kepribadian alternatif ini akan menjadi semakin kuat dan nyata, sehingga suatu saat bahkan mampu mengkudeta kepribadian bawaan seseorang.

Ada penyebab lain? Kalau anda penikmat film tentu mengenal film Incredible Hulk. Mereka pribadi terpisah yang tercipta akibat kecelakaan percobaan aneh di lab. Yang ini jelas fiksi…

Bagaimana Dengan Anda?

Masih yakin anda sendirian di dalam tubuh anda? Jangan-jangan anda hanya kepribadian kedua dari tubuh anda?

Jangan-jangan … anda Hulk…