Jiwamu adalah zat abadi yang terperangkap dalam sangkar raga, mengarungi dunia yang sementara. Kelak setelah ragamu mati dan saat dunia berakhir, jiwamu akan mengarungi kehidupan akherat yang abadi.

Itulah konsep dasar yang bisa kita temui di semua agama. Jiwa yang terpisah dari raga.

Darimanakah konsep ini mendapat landasan kuat?

Paling tidak ada dua fenomena pengalaman spiritual universal yang biasanya digunakan untuk menguatkan konsep tersebut.

Saya akan menyajikan informasi mengenai dua hal di atas, yang saya peroleh dari berbagai sumber.

Pengalaman Spiritual

Pengalaman Keluar Tubuh

Pengalaman ini sungguh luar biasa. Orang yang mengalaminya merasa dirinya (atau jiwanya) melayang keluar dari tubuhnya. Ia bisa melihat tubuhnya sendiri yang ia tinggalkan, melayang di udara dan bahkan pergi ke tempat lain meninggalkan tubuhnya.

Pengalaman keluar tubuh, sebuah ilustrasi
Pengalaman keluar tubuh, sebuah ilustrasi

Bagi yang mengalaminya, ini adalah bukti yang tak terbantahkan mengenai keberadaan jiwa yang terpisah dari raga.

 

Kembali Dari Kematian

Ini adalah pengalaman luar biasa yang biasanya membuat seseorang yang mengalaminya akan lebih bersungguh-sungguh menekuni agamanya.

Pelapor biasanya merasa melewati lorong panjang dengan ujung yang bercahaya. Di ujung lorong mereka biasanya bertemu dengan sosok dekat mereka yang sudah meninggal, tokoh-tokoh suci, malaikat atau bahkan Tuhan mereka. Tokoh yang mereka temui itu biasanya mengatakan bahwa waktunya belum tiba, dan mereka harus kembali lagi ke tubuh mereka dan menjalani kehidupan dunia lagi.

Perjalanan menuju ujung cahaya
Perjalanan menuju ujung cahaya

Dalam peristiwa tersebut, terkadang mereka juga mengalami berbagai pengalaman tambahan sesuai dengan latar belakang kepercayaan mereka. Ada yang melihat surga, neraka atau ramalan dunia di masa depan dan sebagainya.

Penjelasan Ilmiah

Kondisi yang bisa menghantarkan seseorang mendapatkan pengalaman spiritual di atas bermacam-macam. Beberapa mendapatkannya dalam serangan jantung, trauma fisik yang parah, tekanan penyakit kronis.  Beberapa akibat pengaruh obat-obatan, hasil meditasi atau bahkan spontan tanpa sebab apapun.

Para ahli medis sudah meneliti pengalaman ini sejak sekitar tahun 40-an. Dengan pemahaman lebih baik mengenai cara kerja otak, ilmu jiwa dan psikologi serta peralatan yang lebih canggih para ahli mulai mendapatkan titik terang mengenai penjelasan ilmiah fenomena ini.

Untuk penjelasan panjang lebar mengenai fenomena ini secara ilmiah, dapat anda lihat di referensi luar yang saya sertakan dibawah tulisan ini.

Secara sederhana fenomena ini disebabkan oleh terganggunya salah satu bagian otak (korteks parietal lobe) yang memproses pengindraan ruang dan hubungannya dengan tubuh kita.

Pada kondisi normal bagian otak ini memberikan masukan tentang posisi tubuh kita, sehingga pada saat tidak ada informasi visual apapun yang kita terima, kita bisa tahu persis dimana telapak kaki kita berada dan bisa menggerakkan tangan kita merabanya, bahkan pada saat gelap gulita.

Pada kondisi tertentu, korteks parietal lobe mengalami kekacauan sehingga memberikan gambaran yang salah tentang posisi tubuh, ditambah dengan ketidak mampuan orang tersebut saat itu untuk menggerakkan tubuh, maka yang dirasakan adalah kehilangan kontrol terhadap tubuh fisik dan sensasi diri yang diproyeksikan diluar tubuh.

Sedangkan sensasi melalui lorong menuju cahaya, dapat disebabkan oleh keadaan kekurangan/ketiadaan oksigen pada otak (keadaan yang dinamakan hypoxia/cerebral anoxia). Kondisi ini mengganggu korteks visual pada otak, gangguan ini diartikan oleh otak sebagai spiral konsentris yang bergerak menuju mata dan berakhir di sebuah ruangan yang terang.

Untuk pengalaman bertemu dengan sosok yang telah meninggal, dewa atau bahkan Tuhan, para ahli menduga hal tersebut semacam halusinasi yang terjadi akibat kacaunya kondisi otak pada saat tersebut. Pada kondisi kacau, otak menggambarkan peristiwa yang sesuai dengan latar belakang budaya dan agama dari orang yang mengalaminya.

Anda dapat membaca lebih detil di referensi yang saya berikan.

Menciptakan Ulang Pengalaman Spiritual

Jika pengalaman tersebut adalah hasil proses otak, tentunya hal tersebut bisa diciptakan ulang. Ini adalah pikiran yang logis.

Paling tidak ada 3 cara yang telah dikonfirmasikan dapat menimbulkan efek tersebut, hal tersebut adalah:

Penggunaan obat

Sudah sejak lama obat-obatan semacam marijuana, LSD dan ecstasy memberikan beberapa efek tak terduga, diantaranya adalah perasaan keluar tubuh. Para ahli menemukan efek yang paling kuat ada pada ketamine. Obat ini sangat kuat mengacaukan fungsi penginderaan ruang dan tubuh.

Pada salah satu percobaan dengan 192 sukarelawan menggunakan ketamine, didapatkan hampir 3/4 dari mereka merasa keluar dari tubuh mereka, melayang-layang dan menyaksikan tubuh mereka yang diam.

Pemberian medan magnet ke otak

Medan magnet yang kuat yang diarahkan ke bagian otak dapat mengacaukan fungsi bagian otak tersebut. Atas dasar inilah pada tahun 2004 dilakukan sebuah percobaan yang mengarahkan sinyal magnet ke bagian tertentu otak.

Penelitian ini populer dengan sebutan “God Helmet” karena penggunaan semacam helm untuk memancarkan sinyal magnet ke otak dan efek spiritual yang dihasilkannya.

God Helmet yang sedang diuji coba
God Helmet yang sedang diuji coba

Sekitar 20 orang yang dicoba menggunakan alat itu merasakan kehadiran Tuhan di ruangan percobaan (sebuah ruangan kedap suara yang kecil). Beberapa diantaranya bahkan dengan jelas melihat Yesus dihadapan mereka (sebagian besar adalah penganut kristen). Beberapa melihat penampakan mahluk gaib dan ada yang mengalami perasaan keluar dari tubuh mereka.

Latihan meditasi

Latihan meditasi (atau ritual ibadah) secara intensif dapat memberikan kemampuan seseorang keluar dari raganya dengan kemauannya sendiri (dalam istilah Jawa: Ngrogo Sukmo) dan mengembara ke mana saja.

Dari penelitian para ahli, meditasi intensif memang dapat memberi kemampuan seseorang untuk mengatur lebih jauh fungsi otaknya, dan Ngrogo Sukmo sepertinya adalah salah satunya.

Uji Ilmiah

Efek keluar tubuh dapat diciptakan ulang, akan tetapi apakah benar jiwa yang keluar tubuh tersebut hanya semacam halusinasi? Jangan-jangan jiwa tersebut memang benar-benar keluar tubuh dengan metode-metode di atas?

Untuk memastikan kebenarannya, kita harus menggunakan metode pengujian yang bisa dipertanggung jawabkan. Untuk perjalanan jiwa tersebut ada yang bisa diuji ada yang tidak.

Kita tidak bisa mengecek apa benar akhirat itu seperti yang digambarkan orang yang kembali dari kematian karena memang tidak ada yang pernah ke akhirat.

Tetapi kita bisa menguji apakah benar seseorang benar-benar mengunjungi suatu tempat dengan roh atau jiwanya, jika kita bisa mencocokkan laporan pandangan jiwa itu dengan keadaan yang sebenarnya.

Untuk hal kedua paling tidak ada dua fakta yang bisa kita pakai:

Riset supranatural oleh militer USA (1970-1995)

Militer USA melalui CIA melakukan riset serius mengenai kemampuan supranatural dan kemungkinan penggunaannya dalam keperluan militer. Bahkan sempat digagas pembentukan First Earth Batallion dan Project Stargate, yang para prajuritnya dikumpulkan dari orang-orang yang dianggap mempunyai kemampuan paranormal.

Dalam riset yang memakan biaya 1 juta dolar per tahun, berbagai kemampuan paranormal itu diuji secara ilmiah. Salah satu yang diujikan adalah kemampuan melihat jarak jauh dan keluar dari tubuh untuk menyelidiki tempat yang asing.

Hasil uji paranormal tersebut ternyata mengecewakan. Akurasi para paranormal tersebut ternyata hanya 15%, yang dianggap tidak lebih baik dari hasil tebak-tebakan. Para cenayang tersebut ternyata bahkan tidak dapat menebak secara akurat isi ruangan di sebelah ruangan percobaan mereka.

Pada tahun 1995, semua riset tersebut dihentikan karena hasil yang mengecewakan.

Tantangan James Randi

James Randi adalah pesulap profesional yang berpengalaman menyajikan tipuan sulap dalam karirnya. Ia sangat memahami trik-trik yang biasa dilakukan pesulap untuk mendapatkan efek supranatural. Berdasarkan pengalamannya, ia skeptik tentang keberadaan kemampuan supranatural yang bisa ditunjukkan oleh beberapa orang.

Pada tahun 1996 James Randi mengumumkan tantangan kontroversial untuk para paranormal. Ia memberi hadiah 1 juta US dolar bagi siapa saja yang bisa membuktikan kemampuan paranormal dalam suatu tes ilmiah.

James Randi. Pesulap, penulis, skeptik. Menyediakan 1 juta dolar untuk siapapun yang bisa membuktikan kemampuan paranormal.
James Randi. Pesulap, penulis, skeptik. Menyediakan 1 juta dolar untuk siapapun yang bisa membuktikan kemampuan paranormal.

Melihat jarak jauh yang merupakan hasil dari “keluar tubuh”, merupakan salah satu yang bisa diujikan. .

Untuk uji coba ini, paling tidak ada satu perguruan silat Indonesia yang terkenal dengan kemampuan melihat dengan mata tertutup, mencoba dan ternyata gagal membuktikan kemampuannya.

Sampai sejauh ini belum ada satu orangpun yang mampu merebut hadiah yang dijanjikan

Nyata Atau Ilusi?

Dari hasil penelitian ilmiah, kita dapatkan bahwa pengalaman jiwa yang keluar dari tubuh merupakan hasil proses di otak manusia,.

Dari uji coba juga tidak dapat dibuktikan bahwa ada jiwa yang benar-benar keluar dari tubuh dan bisa melihat apa yang tidak terlihat oleh fisiknya.

Jika jiwa yang terpisah dari raga tidak bisa dibuktikan, bagaimana dengan keberadaan jiwa itu sendiri? apakah jiwa hanya bagian dari ilusi otak?


Referensi Luar: