Peluang Karir: Jadi Batman

Dari berbagai superhero yang muncul di komik atau di film, kelihatannya Batman-lah yang terlihat masuk akal.

Batman, pahlawan dengan bekal teknologi canggih
Batman, pahlawan dengan bekal teknologi canggih

Kalau ingin jadi Superman, kau harus lahir di planet Krypton yang terletak di antah-berantah. Kalau kau ingin jadi Spiderman, kau harus cari laba-laba mutan yang akan menggigitmu. Begitu pula untuk jadi Hulk, kau harus diterpa radiasi aneh dari laboratorium aneh.

Batman beda, ia tetap manusia biasa. Ia mengandalkan ketrampilan fisik yang bisa  dilatih, dukungan berbagai alat canggih serta sumber dana melimpah.

Kalau begitu mari kita berandai-andai. Andai kita ingin jadi Batman apa saja yang harus kita lakukan serta hadapi.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum jadi Batman?

Mobil penerobos segala medan milik Batman
Mobil penerobos segala medan milik Batman
  • Kemampuan Beladiri. Diperlukan paling tidak 10 tahun latihan intensif beladiri, untuk mendapatkan kecepatan reaksi, insting serta kekuatan pukulan. Berbagai macam beladiri close-contact bisa dipilih, atau pilih seperti yang dipakai Bruce Wayne yaitu Keysi Fighting Method.
  • Konsultan Teknologi. Batman menggunakan berbagai peralatan teknologi tinggi seperti seragam anti peluru yang praktis, pistol pengait, pandangan radar, mobil batman dan sebagainya. Tanpa konsultan teknologi nomor satu, berbagai peralatan tersebut mustahil ada. Konsultan ini harus setiap waktu melakukan riset untuk mencari teknologi baru yang bisa dipakai.
  • Sumber Dana Melimpah. Teknologi tinggi tak akan pernah bisa diwujudkan tanpa dana selangit. Kau harus menjadi milyuner, atau paling tidak didukung oleh milyuner untuk bisa mengadakan berbagai riset dan pengadaan peralatan untuk Batman.

Selama jadi Batman, apa yang diperlukan?

  • Tim Pendukung Teknis. Goa Kelelawar, Bat Mobile, sistem komputer, dan segala macam gadget butuh perawatan dan pengujian rutin. Batman sendiri tidak akan pernah punya waktu untuk merawat sendiri. Lagi pula bengkel pasti menolak Batman bila diminta untuk mereparasi mobilnya yang aneh.

    Bahkan motornyapun harus canggih
    Bahkan motornyapun harus canggih
  • Tim Pendukung Intelijen. Batman harus mempunyai informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi. Tanpa tim intelijen, Batman akan banyak melakukan kesalahan strategis.
  • Tim Pendukung Medis. Dengan berkelahi tiap malam, dalam 1 bulan tentu Batman sudah mengumpulkan berbagi macam cedera. Beberapa mungkin serius, sehingga membutuhkan perawatan medis.
  • Tim Evakuasi. Batman tidak mungkin selamanya menang dalam perkelahian, apalagi bila itu dilakukan tiap malam. Jika Batman terkapar, tim evakuasai harus segera menyelamatkannya, atau kedoknya akan terbongkar.

Berapa lama karir Batman bertahan?

  • Aktivitas fisik berat yang dijalani Batman tidak akan membuatnya bertahan lama.
  • Seorang atlit kelas dunia seperti petinju hanya akan bertahan selama 3-4 tahun dipuncak karirnya, sebelum mengalami penurunan performance.

    Berapa lama Batman bertahan sebagai jagoan?
    Berapa lama Batman bertahan sebagai jagoan?
  • Batman yang melakukan pertarungan tanpa hari istirahat, pasti lebih pendek lagi. Mungkin dia hanya mampu bertahan dalam 1 atau 2 tahun, sebelum terkena cedera yang sangat serius atau menurun kemampuannya.

Bagaimana memperpanjang karir Batman?

  • Batman harus bekerja dalam satu team. Beberapa petarung disiapkan sebagai pemeran Batman. Batman asli mungkin hanya bertugas sebagai pemberi tugas saja.
  • Batman harus mempetimbangkan untuk menggunakan senjata yang melumpuhkan, seperti pistol sengatan listrik untuk menjatuhkan penjahat. Senjata ini juga menurunkan tuntutan fisik yang tinggi dalam perkelahian tangan kosong.

Masih ingin jadi Batman?

Baca Juga:


2 komentar

  1. Biasanya artikel sdr tentang agama dan logika, tapi yg ini kok agak beda ya, superhero dan logika.
    anyway, saya lebih suka batgirl & wonder woman, nah 2 tokoh ini bisa anda bahas dlm kategori agama dan logika.

    1. Muslim biasa: Ha ha ha terima kasih komentarnya…
      Saya gak begitu suka para superhero cewek, biasanya penggarapan karakternya gak begitu kuat (atau terlindas daya tarik kecantikannya?).
      Tapi saya tak berhak menghakimi selera orang. Kalau mas Muslim mau bantu buat artikel tentang mereka, monggo…saya senang.

Perkaya Tulisan Ini Dengan Pendapat Anda