Sejarah Dalam Darah Kita

Ada sebuah kesamaan menyolok di antara semua mahluk hidup di bumi ini.

Tak perduli apakah manusia, kuda, pohon beringin, jamur dan bahkan bakteri; mereka mengawali kehadiran mereka di dunia dalam bentuk mahluk satu sel yang dibekali instruksi perakitan yang kita kenal dengan kode DNA.

Berdasarkan instruksi itu sel tunggal itu membelah dan membelah terus hingga membentuk mahluk hidup yang lengkap. Pada manusia satu sel tersebut bisa membelah menjadi 50 sampai 100 trilyun sel, yang terbagi dalam ribuan organ tubuh dengan fungsi berbeda-beda.

Dari satu sel, manusia berkembang menjadi trilyunan sel
Dari satu sel, manusia berkembang menjadi trilyunan sel

Sungguh luar biasa.

Apakah kita sudah bisa membaca isi kode DNA kita?

Pada tahun 2003, Human Genome Project, yang bekerja keras selama 14 tahun, telah berhasil membaca keseluruhan kode DNA manusia.

Beberapa bagian kode itu telah diidentifikasi artinya, misalkan kode DNA yang menurunkan beberapa penyakit bawaan, tetapi sebagian besar kode itu masih belum kita ketahui artinya. Masih diperlukan waktu lama sebelum kita bisa mengerti arti seluruh kode DNA kita.

Penelitian Lanjutan Genom

Setelah berhasil membaca kode DNA, ada penelitian susulan yang hasilnya lebih hebat lagi.

Tahun 2005 diluncurkan Genographic Project,  suatu usaha meneliti variasi genetik dari semua masyarakat asli diseluruh dunia. Sampel yang digunakan tidak hanya DNA, akan tetapi keseluruhan materi genom yang juga meliputi RNA, Mitochondria dan lain-lain komponen yang diwariskan dari orang tua kepada anak.

Jalur pewarisan Penanda Genetis
Jalur pewarisan Penanda Genetis

Dari 70,000 sampel genom masyarakat asli diseluruh dunia, ditemukan beberapa fakta yang digunakan untuk menarik kesimpulan lebih lanjut. Fakta itu adalah sebagai berikut:

  • Penanda Genetik
    Ada banyak kode genetik yang bisa dijadikan semacam sidik jari garis keturunan. Kode khas ini dapat digunakan untuk melacak garis keturunan seseorang. Penanda genetik ini digolongkan dalam dua kelompok:

    • Penanda Genetik Jalur Ayah
      Kelompok penanda ini ada pada kromosom Y. Kromosom ini hanya ada pada laki-laki dan diturunkan dari ayah ke anak laki-laki. Para Ilmuwan telah dapat mengenali 43 penanda genetik ini.
    • Penanda Genetik Jalur Ibu
      Kelompok penanda ini ada pada mitochondria. Pada proses pembuahan, mitochondria hanya ada pada sel telur dan tidak ada pada sperma. Dengan melacak detil mitochondria, dapat dilacak garis keturunan seseorang dari garis ibunya. Para Ilmuwan telah dapat mengenali 29 penanda genetik ini.
  • Perkiraan Laju Mutasi Gen
    Setelah membandingkan variasi genom dari generasi ke generasi, ilmuwan bisa memperkirakan jalu perubahan (mutasi) genetik dari generasi ke generasi. Dengan membandingkan variasi penanda genetik dalam kelompok yang mewarisi kode yang sama, ilmuwan bisa memperkirakan berapa usia penanda genetik tersebut dengan metode statistik.
  • Perkiraan Jalur Migrasi Manusia
    Penelitian ini mengaitkan lokasi penanda genetik ini ditemukan pada masyarakat asli, yaitu kelompok masyarakat yang belum bercampur secara genetis dengan pendatang luar. Dengan membandingkan semua lokasi penanda genetik itu ditemukan serta digabungkan dengan perhitungan laju mutasi ilmuwan bisa memperkirakan jalur migrasi suatu kelompok masyarakat serta perkiraan waktunya.

Untuk detilnya, anda dapat melihat di link referensi di bagian bawah tulisan ini.

Fakta Luar Biasa Yang Terungkap

Dari metode ilmiah diatas ada beberapa fakta menarik berikut:

Adam Yang Muncul di Afrika

Semua manusia yang hidup di bumi ini mewarisi sebuah penanda genetik yang dapat dilacak muncul pertama dari seorang laki-laki Afrika sekitar 60,000 tahun yang lalu.

Tidak seperti cerita di Kitab Suci, laki-laki ini bukanlah satu-satunya manusia yang ada di bumi saat itu.

Lokasi asal Adam, penanda genetik tertua yang masih bisa terlacak
Lokasi asal Adam, penanda genetik tertua yang masih bisa terlacak

Adam ini unik, karena dialah satu-satunya sumber penanda genetik tertua yang masih dapat terlacak sampai saat ini. Laki-laki lain yang ada pada masanya atau sebelumnya tidak mampu mewariskan penanda ini sampai ke era modern ini.

Migrasi Keluar Afrika

50,000 tahun yang lalu terjadi jaman es yang membekukan sebagian besar dunia.

Jalur migrasi manusia keluar Afrika
Jalur migrasi manusia keluar Afrika

Disaat dunia beku, Afrika menjadi sangat kering dan dingin, sebagian manusia terpaksa bermigrasi keluar Afrika untuk mencari kondisi yang lebih baik.

Persilangan Manusia Dengan Neanderthal

Ilmuwan membandingkan pula gen dari manusia Neanderthal serta membandingkannya dengan manusia modern. Manusia Neanderthal adalah kerabat terdekat kita, mereka telah mengembangkan budaya yang hampir setara dengan spesies kita. Manusia Neanderthal punah kira-kira 30,000 tahun yang lalu.

Hasil perbandingan genetik antara kita dan manusia Neanderthal menunjukkan, bahwa nenek moyang kita telah melakukan kawin silang dengan manusia Neanderthal saat mereka keluar dari Benua Afrika.

Manusia Neanderthal, semua manusia yang berasal dari luar Afrika mewarisi gen darinya
Manusia Neanderthal, semua manusia yang berasal dari luar Afrika mewarisi gen darinya

Penduduk asli Afrika, tidak memiliki kesamaan genetik dengan Neanderthal. akan tetapi seluruh penduduk dunia lainnya mewarisi antara 1% sampai 4% gen yang berasal dari manusia Neanderthal.

Ingin Melacak Jalur Genetis Anda?

Suatu tawaran yang menarik dari The Genographic Project adalah, mereka bisa membantu melacak jejak genetis anda sampai ke arah nenek moyang.

Ini cukup menarik. Anda bisa mengirimkan contoh komponen genetis anda dan mereka akan mencari penanda genetik anda. Dari analisa penanda genetik tersebut mereka akan memberi tahu jalur nenek moyang anda.

Tidak gratis memang, tetapi tidak mahal untuk informasi yang cukup menarik.


Referensi:

Baca Juga:

Judhianto

Pencari jawab amatir, bertanya apa saja...

3 tanggapan untuk “Sejarah Dalam Darah Kita

  • 16 Mei 2012 pada 1:14 pm
    Permalink

    Ketika remaja dulu…saya sering berdiskusi dengan tetangga saya, seorang Ahmadi. Menurutnya, di kalangan Ahmadi..Adam memang diyakini bukan manusia pertama, melainkan Nabi pertama. Itu sebabnya ketika Adam diciptakan, para malaikat protes mengapa Allah menciptakan makhluk yang suka menumpahkan darah…Protes ini hanya mungkin karena malaikat menyaksikan sebelum Adam..ras jenis ini telah ada dan memang suka membunuh. Tafsir seperti ini juga dijumpai pada mufasir lainnya, meskipun minoritas. Ketika makna lahiri penciptaan Adam dalam kitab suci tak terpahami dan apalagi evolusi sudah menjadi fakta ilmiah..orang beriman biasanya beralih pada pencarian makna simbolik.. meskipun tidak mudah.
    Persoalan genetik, selain astronomi, menjadi bagian paling menarik dari temuan manusia. Amat mengasyikkan, membuat kita betah menonton dunia dan layak menjadi salah satu motifasi untuk panjang umur dan tetap sehat…Siapa mau ikut?

    Balas
    • 16 Mei 2012 pada 3:50 pm
      Permalink

      Sulaeman Suparman: banyak yang terpaku pada Qur’an sebagai buku sejarah, sehingga semua kisah didalamnya harus dianggap laporan aktual sejarah.
      Bukankah jika kita mau menerima bahwa sebagian kisah didalamnya adalah dongeng, kita juga akan mendapati Allah sebagai Tuhan yang Maha Asyik, yang memberi pengajaran dengan asyiknya melalui dongeng?

      Balas
  • 3 Desember 2013 pada 12:45 pm
    Permalink

    terus terang, jawaban anda terhadap pernyataan Sulaeman Suparman bikin saya clengo’, tatanan diotak saya yg semula merasa sudah rapi ternyata salah dan harus ditata ulang…didefrag dulu kali yaa…

    Balas

Perkaya Tulisan Ini Dengan Pendapat Anda

Paling Dikomentari

Paling Dibaca

Pilihan Acak

%d blogger menyukai ini: